Tuesday 23 October 2012

[Tips] Modem Konek Tapi Tidak Bisa Browsing

Duh, jantung dag dig dug duer rasanya pas tiba-tiba modem Sierra At&T-ku ga bisa buat browsing. padahal buat update anti virus Avira-ku lancar jaya. Tapi begitu dipake browsing, tulisan 'Network Error' lah yang keluar. Aku coba browsing pake Internet Eksplorer, Mozilla Firefox, dan Google Chrome, tidak ada yang keluar hanya muncul 'connecting'.

Aku bawa ke Galeri Indosat (aku pake IM2). Sama customer service-nya modemku dicoba di komputernya dan bisa browsing. Terus dia nyoba nginstall modem Huawei-nya ke lappy-ku. Hasilnya sama dengan modem Sierra At&T-ku, tidak bisa konek. Malah muncul tulisan 'handle is invalid'. 30 menit lebih aku di sana. Hasil akhirnya adalah aku diminta men-cek program-program yang aku install, mungkin ada yang menyebabkan jaringan internet ter-blokir. Opsi lain adalah menghubungi ahli software komputer karena sepertinya modemuku baik-baik saja.

Negative thinking-lah yang muncul di benakku. Membayangkan harus beli modem baru lagi, paling tidak seharga 400ribu. Padahal aku tong-pes alia kantong kempes.

Akhirnya aku memutuskan bertanya ke Mbah Google. Aku menemukan blog Catatan Arief. Di blog itu, aku menemukan solusi untuk masalahku.Ternyata dia pernah mengalami hal yang serupa denganku. Buat temen-temen semua, nih aku kasih tips cara mengatasi modem yang connect tapi tidak bisa browsing :
1. Klik Search, setelah itu ketik cmd
2. Klik Kanan di cmd dan klik run as admnistrator (untuk Windows Vista dan Windows 7)
3. Akan muncul layar berwarna hitam (kayak di komputer jadul tuh..)
4. Ketik nethsh ip reset resetting.txt dan tekan tombol Enter
5. Ketik lagi netsh winstock reset dan tekan tombol Enter

Akan muncul perintah restart komputer. Teman-teman restart aja...

Tips dari Catatan Arief ini benar-benar T.O.P deh karena habis melakukan restart, aku bisa browsing lagi..
Alhamdullilah ya, sesuatu banget Catatan Arief ini.. ^^

Source : my teacher, Catatan Arief

4 comments: